Jumat, 11 Mei 2012

sudut pandang saya terhadap film

jika anda diberi pertanyaan "film yang bagus itu seperti apa?"
mungkin sebagian dari anda menjawab "Film yang ada actionnya" atau "film dengan efek yang terbaik" atau bahkan "tentu film-film yang diproduksi di hollywood sekarang" atau film dari genre yang anda sukai.
pernyataan di atas tidaklah salah karena memang benar hollywood sedang menjadi panutan untuk film berkualitas, baik dari segi cerita maupun efek yang di tampilkan sudah semakin memanjakan mata para penikmat film didunia.
saya pun dulu beranggapan film garapan selain hollywood hanya sebagian yang bagus,bahkan dengan menurunnya kualitas perfilman indonesia(menurut saya),makin membuat anggapan bahwa kurangnya film-film lokal yang berkualitas,sepertinya saat ini para produser film di indonesia hanya memikirkan keuntungan semata.


tapi kini saya ubah pola pikir sempit itu,kita harus bisa melihat kualitas sebuah  film dengan lebih luas.
tidak terpaku hanya dari genre,dari negara pembuatnya atau film yang dibuat di hollywood saja.
tahun 2012 ini saya sudah banyak sekali melihat film lokal yang bermunculan sudah banyak yang berkualitas.
sebut saja The Raid yang beberapa bulan lalu sempat menghebohkan jagat perfilman indonesia bahkan dunia.
ini sudah menjadi bukti bahwa film-film lokal tidak kalah dengan film-film luar negri lainnya.


atau mungkin anda mebedakan film dari genrenya?
film action adalah film yang bagus,film horror lebih bagus atau yang lainya
itu juga tidak jadi soal,karena setiap orang punya genre yang mereka sukai,dan itu wajar.
sayapun juga memiliki genre2 yang saya suka.tapi sekarang saya sudah mulai belajar menikmati film2 dari genre yang saya kurang suka.
misalnya film action, banyak dari teman saya yang mengeluh ketika dia melihat film action dan berkomentar bahwa alur ceritanya kurang menarik.
sebenarnya kalo mau dibilang,kalau mau alur cerita yang menarik,atau kuat ya nonton saja film drama, karena kebanyakan film drama lebih menguatkan di alur cerita sehingga membuat penontonnya ikut hanyut dalam cerita. kalau nonton film action biasanya ceritanya memang tidak terlalu kuat tapi aksi-aksi yang memacu adrenalin tentu sangat menghibur.

disini saya mengajak anda untuk sama-sama membuka mata bahwa masih banyak fil-film berkualitas diluar sana. tidak hanya dari amerika.dari seluruh negara di dunia ini pasti mempunyai film-film yang berkualitas dan mampu diambil hikmahnya dari film-film terssebut.

saya hanya membagi  pendapat saya jika ada kata-kata yang kurang pantas mohon dimaafkan semoga kita bisa mengambil hikmah dari tulisan ini dan mulai menghargai dan melihat film secara lebih luas.

Maju Terus Perfilman Indonesia

Happy Watching....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar